Kamis, 15 Mei 2014

PAHAWANG KECIL-TANJUNG PUTUS


Pahawang dan Tanjung Putus adalah 2 pulau indah yang berada di kabupaten Pesawaran,jaraknya yang hanya 25km tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat tempat ini menjadi destinasi favorit liburan bersama keluarga,sahabat maupun pasangan.Untuk mencapai lokasi ini rute yang dapat digunakan adalah Bandar Lampung-Lempasing-Hurun-Hanura-Dermaga Ketapang/Pantai Klara

Mengapa dibagian akhir saya menulis Dermaga Ketapang/Pantai Klara,itu karena itu karena kita bisa menggunakan dua lokasi itu untuk menyebrang ke Pahawang maupun Tanjung Putus,namun saran saya sebaiknya menyebrang melalui pantai klara,Mengapa?karena jarak dari Pantai Klara lebih dekat daripada jika naik di Dermaga Ketapang (cuman saran,bagi yang suka berlama-lama di atas kapal ya lewat ketapang aja deh)

Adapun biaya untuk menyewa kapal ini yaitu sebesar 500-600k (biasanya abk nya nawarin segitu) oh ya ini dari dermaga ketapang ya,gak tau kalau dari pantai klara, tapi kita harus pinter-pinter nawar biar dikasih harga murah,pada saat saya ke pahawang-tanjung putus saya dapat harga 350k saat itu harga bensin masih 6,5k mungkin sekarang 400-500?mungkin ya.

Perjalanan menuju Tanjung putus memakan waktu 45menit,selama perjalanan kita bisa melihat aktivitas nelayan maupun keindahan-keindahan pulau-pulau kecil disekitarnya.

Sampai di Tanjung putus banyak hal yang bisa kita lakukan mulai dari ngopi sampai snorkling karena airnya sangat bening seperti kaca,biasanya banyak orang kesini untuk snorkling ,namun saya tidak hobi snorkeling jadi saya putuskan cuman nyantai minum kopi sambil menikmati ikan-ikan kecil berlalulalang.Biaya masuk tanjung putus ini adalah 75k ,bagi saya terlalu mahal tapi melihat sarana dan prasarannya yang lengkap seperti cottage tingkat,ruang ac,toliet,Billiard cukup wajar dengan harga segitu.

Begitu saya tahu biaya masuknya segitu,saya pun "melipir" naik kapal dan melanjutkan perjalanan ke pulau pahawang (jangan ditiru ya).Pulau pahawang sendiri terdiri dari dua pulau,ada pahawang kecil dan pahawang besar.Pahawang Besar adalah pulau yang ditempati oleh warga,sedangkan pahawang kecil hanya ditempati oleh satu orang.Siapakah orang itu?orang itu tak lain adalah warga negara Prancis,dia sudah memiliki p.pahawang kecil sejak bertahun-tahun lamanya.Mengapa bisa?saya juga tidak tau,namun yang pasti kehadiran "bule" ini memberikan efek positif bagi masyarakat yang tinggal di p.pahawang besar karena berkat dialah masyarakat disana kehidupannya hidupnya menjadi lebih hidup karena dibiayai oleh bule ini mulai dari sekolah sampai sembako,tapi sebagai gantinya warga p.pahawang besar harus menjaga p.pahawang kecil (ya semacam simbiosis mutualisme sih).

Biaya masuk p.pahawang kecil adalah 10k/orang,biasanya penjaga pulau akan bilang "jangan foto vilanya ya" karena bla bla bla bla... tapi ya tetap saja orang yang ke pahawang pasti foto ke vila itu.
Sama seperti Tj.putus air pantai ini sangat jernih dengan ombak yang kecilnya membuat kita bisa berenang santai bersaa ikan warna-warni.Tidak ada Cottage dan toilet umum disini,tapi banyak pohon buat tempat singgah.

Melengkapi review ini saya dokumentasikan beberapa spot yang bagus 

Diatas Kapal

Sampai di Tj.Putus
Keliling Pulau

Foto dari Cottage
Terheran-heran dengan keindahan air kaca


Air "kaca" Tanjung Putus

Keindahan Tj.Putus
Perjalanan ke Pahawang Kecil

Vilanya orang Prancis

Pahawang (1)

Pahawang (2)

Hamparan pasir putih dengan latar vila "bule"

Pahawang (3)
Kapal kecil yang digunakan
Ikan-ikan kecil

Pahawang (4)
Rating Wisata : 4,5/5


4 komentar:

  1. kalo saya cuma ke maitem island cuma bayar 30k wkkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy blm pernah ke maitem hehe..itu 30 per orang ya? kalo 1 kapal brp?

      Hapus
  2. jarak dari pantai klara ke pahawang berapa lama ya?...kalo aku kemarin dari kelagian 10-15 menitan klara-kelagian

    BalasHapus